Suka Belanja Online? Ini tipsnya!

Sebagai perempuan, saya suka sekali belanja, termasuk secara online. Sejauh ini pembelian online saya paling sering adalah buku-buku tentang financial planning dan buku-buku piano (yes, I do play the piano :p). Pernah juga beberapa kali membeli baju dan pernak-pernik hijab. Tetapiiiii….saya hanya berani membeli barang yang sudah pernah dicoba sebelumnya. Mungkin karena dulu pernah kapok membeli baju yang tidak sesuai gambarnya, saya jadi kurang berani untuk mencoba lagi.

Anyway, untuk kita semua yang suka belanja online, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal berikut sebelum bertransaksi.

1. Kenali biaya belanja online

Pahami bahwa ada harga dasar produk, biaya pengiriman, denda keterlambatan pembayaran, biaya asuransi pengiriman, dan biaya pajak. Bandingkan harga total yang harus dibayar untuk barang serupa (terutama beauty products atau imported foods) dari beberapa toko online.

2. Kenali identitas toko online

Pastikan toko online terpercaya. Kenali identitas toko online tersebut. Biasanya, saya akan pilih yang sudah banyak testimoni dari pembeli atau pun ada #trustedseller. Toko online terpercaya akan memberikan informasi alamat lengkap serta informasi lain seperti nomor telepon serta rekening bank.

3. Belanja secara kolektif

Seringkali, toko online memberikan harga khusus untuk pembelian dalam jumlah banyak. Nah, jika demikian coba cari teman atau saudara yang juga ingin belanja barang yang sama. Selain lebih murah, kita juga bisa berhemat biaya pengiriman. Karena lokasi tujuan pengiriman hanya satu. Lumayan kan?

4. Pilih alamat toko online yang dekat dengan tempat tinggal

Untuk dapat menghemat biaya pengiriman barang, sebaiknya pilih toko online yang dekat dengan lokasi tempat tinggal kita. Misalnya jika kita tinggal di Bandung, maka sebaiknya membeli barang dari toko online yang masih yang juga berdomisili di Bandung.

5. Metode transaksi

Jika boleh pilih, saya akan menggunakan kartu kredit untuk transaksi belanja online. Mengapa? jika terjadi perbedaan transaksi, akan lebih mudah mengurusnya ke pihak kartu kredit. Nah, saya sarankan hanya gunakan satu kartu kredit (dengan limit sangat terbatas) untuk semua transaksi online Anda. Tujuannya, untuk melimitasi potensi penyalahgunaan informasi kartu kredit.

Live a Beautiful Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s