You May Have a Broken Heart, Not a Broken Bank Account

Terkadang perpisahan dalam hidup tidak dapat dihindari. Putus cinta dari pacar hingga perceraian ternyata sama-sama memiliki dampak dalam kehidupan seseorang termasuk urusan finansialnya. No matter the financial impact a breakup can take, banyak orang percaya bahwa waktu adalah obat patah hati terbaik. Tetapi, sambil menjalankannya, banyak orang yang sambil berbelanja, makan enak di restoran, atau bahkan mengambil trip impromtu ke destinasi impian.

Penelitian menunjukkan bahwa belanja dapat, setidaknya untuk sementara, meningkatkan suasana hati kamu, hanya jangan berlebihan dan dilakukan selamanya. Agar kondisi patah hati tidak menghancurkan kondisi keuangan kamu, berikut ini financial checklistnya.

  1. Jika ada rekening bersama, segera ubah password. Tujuannya agar tidak ada pihak yang dapat menarik dana tanpa sepengetahuan yang lain. Saling dewasa dan jujur untuk menutup rekening bersama dengan baik dan mengembalikan dana yang menjadi milik masing-masing. Khusus bagi pasangan bercerai, maka sebaiknya merujuk pada perjanjian pisah-harta.
  2. Apabila sebelumnya kamu memiliki fasilitas pinjaman yang diambil berdua, maka segera bereskan pengaturannya kepada pihak lembaga keuangan. Jangan sampai rapor kredit kamu memburuk hanya karena gagal dalam penyelesaian kewajiban.
  3. Tetap bagi bujet dengan alokasi Living, Saving, Playing. Pahami bahwa kamu berhak menggunakan jatah playing untuk melakukan hal yang kamu sukai. Misalnya, membeli barang yang diinginkan selama ini, perawatan di spa, mengambil kursus, dan lainnya. Tapi ingat, hanya gunakan jatah uang yang ada di rekening Playing.
  4. Ambil jurnal dan mulai menulis. Meski pun kamu mungkin tidak hobi menulis, tetapi jurnal akan membantu kamu melepaskan isi hati, tanpa harus diumbar di umum melalui media sosial. Percaya atau tidak, untuk mengumbar kekesalan di media sosial juga terkadang butuh biaya, karena siapa yang mau terlihat jelek saat posting foto kan?
  5. Start a better you. Patah hati bukan akhir dari segalanya. Jadikan momen ini sebagai langkah menuju kamu yang lebih baik, bukan kamu yang baru. Tetaplah jadi diri kamu sendiri, dengan tujuan keuangan yang lebih baik dan rencana yang lebih baik.

“Seseorang tidak membutuhkan pasangan, kekayaan mau pun pekerjaan untuk mendefinisikan siapa dirinya. Hidup tidak berakhir saat patah hati, tetapi berakhir saat kamu berhenti memperjuangkannya.”

 

Published by pritaghozie

Co-founder & CEO ZAP Finance | Financial Planner & Educator | Book Author | Mother & wife.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: