5 Pos Keuangan Penting di 2015

Tahun baru, kondisi kesehatan keuangan juga harus  semakin baik dong! Nah, ada 5 pos keuangan penting yang harus jadi prioritas untuk Anda dan keluarga. Ini dia…..

  1. Pos Dana Darurat. Pastikan jumlah dana darurat Anda ideal. Untuk keluarga dengan dua orang anak, pastikan jumlah dana darurat minimal 6 x pengeluaran rutin bulanan. Misal pengeluaran rutin 5 juta, maka dana darurat harus ada 30 juta di tabungan terpisah.
  2. Pos Utang Rumah. Saldo utang perumahan seharusnya menurun dari tahun lalu. Periksa laporan debit utang Anda, apakah ada kenaikan suku bunga.
  3. Pos Utang Kartu Kredit. Masih ada juga utang kartu kredit? Maaf sepertinya Anda harus menggunting dulu kartu kredit dan beralih ke kartu debit. Lunasi tagihan yang tersisa dengan dana kas dari bonus.
  4. Pos Investasi. Sudah berapa banyak aset investasi Anda? Indikator yang sehat adalah penambahan 10% dari awal tahun lalu ke awal tahun ini. Jika tahun lalu aset 10 juta, maka seharusnya awal tahun 2015 aset Anda minimal 11 juta.
  5. Pos Asuransi. Periksa polis asuransi jiwa yang Anda miliki saat ini. Perhatikan uang pertanggungannya. Cukupkah untuk kebutuhan keluarga Anda?

Selamat tahun baru 2015. Live a Beautiful Life!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s