Prita GhoziePrita Hapsari Ghozie
, SE, MCom, GCertFinPlanning, CFP, QWP, adalah seorang CEO & Financial Planner,  financial educator, public speaker,  penulis, Dosen FEB-UI, seorang isteri, dan ibu dari 2 orang anak.

Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Dr. Ir. Iwan Pontjowinoto, MM dan Roswita Januarti, SE, Prita kecil memang sudah sangat familiar dengan dunia keuangan. Prita berkesempatan untuk belajar langsung dari pelopor Reksa Dana di Indonesia, pendiri Masyarakat Ekonomi Syariah, dan pencetus Jakarta Islamic Index, yang merupakan ayahandanya sendiri. Tidak heran, menjadi seorang investor Reksa Dana sejak usia 16 tahun telah dilakoninya.

Lulus dari SMU Labschool Jakarta dan mendapatkan kesempatan mengikuti Program Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), Prita menempuh pendidikan S1 reguler jurusan akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1998. Tiga setengah tahun kemudian, ia berhasil lulus dan langsung melanjutkan pendidikan S2 di University of Sydney School of Business, Australia. Selama di Sydney, peraih gelar Master of Commerce dengan double major Banking & Accounting ini bekerja paruh waktu di institusi pelatihan jasa keuangan terbesar di Australia.

Atas dasar itulah, Prita mengikuti pendidikan formal S2 untuk bidang Perencanaan Keuangan di Financial Services Institute of Australasia (FINSIA) dan berhasil mendapatkan gelar Graduate Certificate in Financial Planning pada tahun 2003 di Melbourne. Dengan pencapaian ini, Prita mendapatkan sertifikasi kompetensi dari Australian Qualification Framework untuk memberikan konsultasi dan saran-saran keuangan di bidang Managed Investments, Risk & Insurance Management, Estate Planning, dan Pension Planning.

Prita adalah nara sumber tetap di program Financial Checklist @90.4 Cosmopolitan FM dan program Kompas Bisnis @KompasTV. Prita juga mengasuh kolom Investasi di Harian Kompas Sabtu. Selain itu, Prita juga menjadi Nara Sumber di media nasional seperti Metro TV, program Market Corner Berita Satu TV, program Indonesia Morning Show NET TV, program Kabar Pasar TVOne, Trans7, MNC TV, dan berbagai media cetak mau pun online nasional.

Saat ini, Prita merupakan CEO di kantor konsultan keuangan ZAP Finance dimana dia menjadi CFP professional. Tugasnya adalah memberikan jasa konsultasi, pembuatan rencana keungan, dan implementasi investasi untuk individu, keluarga. Selain juga menjadi pembicara di berbagai seminar dan acara bincang santai, dan juga menjadi instruktur di pelatihan-pelatihan keuangan.

Sejalan dengan cita-cita bahwa semua orang bisa memperoleh hidup yang indah dan sejahtera, Prita dan rekan-rekan, memperkenalkan konsep ZAPFIN Your Money untuk mengelola keuangan pribadi. Mereka juga membangun aplikasi untuk membuat rencana keuangan sederhana sendiri yang dapat diakses oleh semua orang di www.zapfinance.co.id.

Sebelum di ZAP Finance, Prita merupakan Country Treasury Analyst dan pengurus Dana Pensiun IBM Indonesia di P.T. IBM Indonesia sejak tahun 2005 – 2009 dimana dia memperoleh IBM Bravo Award untuk karyawan berprestasi. Sejak tahun 2004 – 2005, Prita merupakan Sales Specialist untuk IBM pSeries System dimana dia termasuk kedalam jajaran karyawan Best Performers.

Selain berkipah di dunia profesional, Prita juga merupakan Staf Pengajar program S1 Reguler untuk Departemen Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak tahun 2009.

Ingin mengundang atau bekerja sama dengan Prita? Silakan hubungi disini.

15 Comments

  1. hai Mba, kenalkan, saya Gita–editor di penerbit GagasMedia. saya membaca tulisan Anda di Urban Mama, dan tertarik mengajak Anda untuk menulis tentang merencanakan keuangan anak.

    Saya akan senang mendapatkan kabar baik dari Anda, 🙂

    terima kasih

    gitaromadhona@gmail.com

  2. hai mba,,slm kenal sy risna,,sy gk kebagian buku menjadi cantik, gaya dan tetap kaya,,udh nyari ke toko buku trus toko online jg tp blum dpt juga,, klu sy mo nanya reksa dana email kmana ya mba,,,

  3. saya minta email mba prita dong…mau minta sarannya untuk mengelola keuangan bagi yg ingin menikah

  4. Hallo Mba Prita,

    Salam kenal y mba, perkenalkan nama saya Rino. Saya tertarik dengan penjelasan anda beberapa hari yang lalu mengenai perencanaan keuangan di salah satu Stasiun TV Swasta. Senang sekali apabila dapat sharing dan saran dari mba, bisa minta alamat email mba ? trims sebelumnya.

  5. Asl.mb prita bs mnt contact personnya,kami berencana mau mengundang utk seminar di Riau

Comments are closed.