Budgeting Untuk Self Love

Sebagai perempuan kita pasti perlu menunjang diri dengan berbagai kebutuhan yang bahasa kekiniannya itu self love. Menurut saya self love artinya melakukan hal membahagiakan untuk diri kita sendiri tanpa pengaruh orang lain.

Nah berhubung pengeluaran self love juga membutuhkan uang jadi perlu kita siapkan juga nih bujetnya. Ini dia financial checklist nya

 

  • Tentukan pengeluaran selflove yang kamu perlukan

 

Ada 3 hal yang bisa kita alokasikan untuk budgeting self love. Me time seperti nonton drama korea favorit, beli buku, atau sekadar solo traveling. Bisa juga shopping time ke butik favorit atau online shopping. Terakhir, pampering time seperti beli skincare, perawatan ke salon, spa, ataupun ngegym. Nah mana diantara ketiga itu yang paling penting untuk cosmoners?

 

  • Alokasikan bujet ideal dari gaji bulanan. 

 

Ada baiknya kamu menentukan bujet self love sedari awal. Persentase ideal yang disarankan untuk belanja kebutuhan pribadi adalah 5% hingga 10% dari penghasilan rutin bulanan. Jadi, kamu ada alokasi bujet sebesar Rp500 ribu – Rp 1 juta setiap bulan untuk belanja kebutuhan pribadi jika menerima penghasilan rutin Rp10 juta setiap bulan.

Alokasi tersebut bukan berarti harus dihabiskan setiap bulannya. Cosmoners juga bisa mengumpulkannya terlebih dahulu untuk dibelanjakan di kemudian hari. Saya sarankan cosmoners memiliki dana belanja kebutuhan pribadi di rekening terpisah yang saya sering sebut dengan istilah “playing account”.

 

  • Manfaatkan Fasilitas Diskon dan Potongan Lainnya

 

Dengan jumlah dana yang sama, bisa jadi cosmoners mendapatkan produk yang lebih banyak atau lebih berkualitas. Hal ini dimungkinkan jika cosmoners pandai memanfaatkan fasilitas diskon atau cashback. Jangan lupa juga untuk menjadi anggota program loyalitas, agar pengumpulan poin hasil belanja dapat difungsikan sebagai tambahan diskon di kemudian hari.

 

  • Pay everything with cash

 

Cosmoners, membayar tunai bisa dengan bantuan kartu debit, e-wallet maupun uang kas. Usahakan tidak menggunakan pinjaman online untuk pengeluaran self love. Tidak mau kan kebahagiaan hilang akibat dikejar debt collector? 

Love your self and use things. Not the other way around.

 

Published by pritaghozie

Co-founder & CEO ZAP Finance | Financial Planner & Educator | Book Author | Mother & wife.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: