Hobi Ganti Gadget dan Barang Bermerek? Ini Tips Keuangannya!

Gadget dan barang bermerek memang sudah menjadi penunjuk kelas sosial di masyarakat, terutama di kota besar seperti Jakarta. Kebutuhan untuk sering mengganti gadget bahkan sudah menjadi sesuatu yang biasa, apalagi dengan seringnya model baru yang keluar, dengan fitur-fitur pelengkap yang lebih canggih dari kebutuhan sebelumnya. Selain untuk bisa tetap update dari teknologi yang terus berkembang, seringnya berganti gadget dan membeli barang bermerek ini kemudian menjadi hobi bagi beberapa orang, yang tentunya membuat dompet menjadi bolong.

Nah, supaya hobi ini bisa terus jalan tanpa membuat dompet kamu bolong, ini dia financial checklistnya:

1. Lakukan Pengecekan Berkala
Seiring dengan bertambanya koleksi barang-barang di lemari, pasti ada beberapa barang yang sudah jarang atau bahkan sudah tidak pernah dipakai lagi. Keluarkanlah barang tersebut dan pilih barang yang masih layak jual.

2. Buat Rencana Pembelian Barang Bermerek.
Kamu mungkin ingin sekali membeli gadget keluaran terbaru atau barang bermerek tertentu yang harganya fantastis. Nah, rencanakan dari sekarang! Cari tahu berapa harga barangtersebut dan tentukan kapan kamu ingin membelinya.

3. Siapkan Dana.
Cek tabungan yang sudah disiapkan untuk membeli gadget atau barang tersebut. Ingat bahwa tabungan untuk membeli gadget ataupun barang bermerek tidak boleh diambil dari tabungan Dana Darurat maupun operasional, apalagi tabungan Pendidikan anak maupun Pensiun!

4. Tentukan Strategi.
Tentukan strategi yang akan dilakukan untuk menutupinya, apakah kamu akan menabung atau berinvestasi dari penghasilan bulanan, menyisihkan dari THR, bonus atau komisi. Jika menabung dalam waktu satu atau dua tahun mendatang tidak memungkinkan untuk mencapai target dana yang diinginkan, maka investasi menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan.

5. Siapkan Rekening atau Produk Investasi Terpisah
Pisahkan rekening tabungan atau produk investasi yang biasa digunakan untuk membeli gadget dan berbelanja barang bermerek. Hal ini bertujuan untuk mencegah kamu melakukan sabotase atas pos alokasi dana yang lain.

6. Perhatikan Waktu Sale
Barang bermerek tertentu jarang atau mungkin tidak pernah memberikan sale atas produk barang yang dijualnya, namun merek lain sering memberikan sale pada waktu tertentu. Perhatikan sewaktu-waktu ketika sale tersebut sering diberikan sehingga kamu bisa menghemat anggaran pembelanjaan barang-barang tertentu.

Published by pritaghozie

Co-founder & CEO ZAP Finance | Financial Planner & Educator | Book Author | Mother & wife.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: