Pentingnya Rencana Keuangan dalam Bisnis

Jika Anda memiliki sebuah usaha dalam bentuk apa pun, saya sangat menyarankan untuk memiliki sebuah rencana keuangan untuk bisnis. Berbeda dengan rencana keuangan untuk pribadi, rencana keuangan bisnis akan membantu Anda untuk mengambil keputusan harian dalam menjalankan usaha. Salah satu cara yang paling efektif untuk membuat rencana keuangan bisnis adalah mengikuti workshop tentang Business Financial Planning di POPZ Business bersama ZAPfinance. Apa saja yang akan Anda pelajari?

 

  1. Cash Management. Setiap usaha pasti memiliki siklus bisnis dan terkadang bersifat musiman terutama dalam hal omzet penjualan. Pastinya, akan sangat berdampak terhadap arus kas usaha. Kita semua paham, tanpa arus kas yang memadai, kelancaran bisnis pasti terhambat, peluang bisa terlewat, dan paling parah saat mulai mengganggu keuangan rumah tangga Anda.
  2. Strategi Jangka Panjang. Umumnya, pemilik usaha yang ikut terjun dalam operasional bisnis akan memfokuskan perhatiannya untuk operasional harian. Harga yang harus dibayar karena hanya memikirkan urusan operasional jangka pendek adalah kurang menaruh perhatian terhadap strategi jangka panjang yang dibutuhkan untuk pengembangan usaha. Dengan adanya rencana keuangan bisnis, maka Anda akan memiliki panduan atau cetak biru untuk usaha Anda.
  3. Priotitas Pengeluaran. Seperti halnya untuk keuangan rumah tangga, dalam usaha kecil-menengah menjaga sumber daya finansial menjadi jauh lebih penting. Hal ini karena akses usaha terhadap dana segar bisa dibilang terbatas. Sehingga, rencana keuangan bisnis akan membantu Anda untuk membuat usaha lebih efisien dan produktif.
  4. Menentukan Target. Punya usaha tentu harus menguntungkan dan memiliki arus kas yang sehat. Mengkonstruksi rencana keuangan bisnis akan membantu Anda untuk menetapkan target yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya. 
  5. Evaluasi Hasil. Punya rencana, sudah mengimplementasikan, maka tugas selanjutnya adalah mengevaluasi hasil dan kemajuan yang telah usaha Anda peroleh. Tanpa rencana keuangan bisnis, Anda akan kesulitan untuk membandingkan rencana vs hasil aktual, dan pada akhirnya bisa menentukan strategi apa yang berjalan dengan baik.

 

Live a Beautiful Life!

Published by pritaghozie

Co-founder & CEO ZAP Finance | Financial Planner & Educator | Book Author | Mother & wife.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: