Perlukah Rekening Bersama Suami Istri?

Perlukah Rekening Bersama Suami Istri?

#TemanPrita, siapakah yang biasanya mengatur keuangan keluarga? Ada suami yang menyerahkan pengaturan keuangan keluarga kepada istri, ada juga sebaliknya. Namun, bicara pengaturan keuangan dan rekening bersama adalah hal yang berbeda. 

Rekening bersama dapat berbentuk “OR” dan “AND”. Penarikan dana untuk rekening “OR” hanya membutuhkan persetujuan salah satu pihak. Sedangkan, penarikan dana untuk rekening “AND” harus disetujui oleh kedua belah pihak. Nah, sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah kegunaan memiliki rekening bersama antara suami dan istri.

  1. Rekening untuk memenuhi kebutuhan rutin bulanan

Kebutuhan untuk keperluan rumah tangga, seperti untuk pengeluaran makan, gas, listrik, asisten rumah tangga, uang sekolah anak-anak dan lain-lain dapat dibayarkan melalui rekening bersama. Dengan demikian Mommies sudah bisa mengetahui besaran alokasi dana untuk pengeluaran rutin yang dialokasikan bersama. 

Keuntungan memiliki rekening bersama adalah adanya kepastian dana yang disiapkan untuk membayar keperluan rutin. Sedangkan, untuk keperluan pribadi masing-masing sebaiknya dipisahkan kedalam rekening belanja pribadi. Fungi adanya rekening pribadi supaya Mommies bisa memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa mengganggu kebutuhan pokok untuk rumah tangga, yang memang sudah disisihkan dan disepakati bersama pasangan. Sehingga, boros atau tidaknya masing-masing pasangan tidak akan berdampak terhadap keuangan keluarga.

  1. Rekening bersama untuk dana darurat

Pengeluaran darurat yang bersifat musibah dapat terjadi kepada siapa pun. Bisa saja ada kebutuhan biaya kesehatan yang harus dibayarkan oleh isteri, padahal suami sedang berada diluar kota. Alih-alih membayar dengan kartu kredit, akan lebih baik jika pengeluaran ini dibayarkan dari rekening bersama.

Salah satu faktor pertimbangan adalah jika terjadi kematian pada salah seorang pasangan, maka pasangan yang ditinggalkan langsung dapat mengakses rekening bersama. Hal ini dimungkinkan tanpa harus mengurus dokumentasi yang berlibet.

  1. Rekening bersama untuk kebutuhan investasi

Sebuah keluarga tentunya sudah memiliki tujuan keuangan, bukan? Keberadaan rekening bersama berarti ada alokasi dana yang khusus disediakan oleh Mommies bersama pasangan dalam memenuhi kebutuhan akan investasi ini. Dengan komitmen sebagai keluarga, maka pencairan investasi pun baru dapat dilakukan dengan persetujuan kedua belah pihak. Sehingga, kecil kemungkinan penggunaan dana ditujukan untuk kebutuhan selain dari yang sudah direncanakan bersama.

Live a beautiful life!

 

Published by pritaghozie

Co-founder & CEO ZAP Finance | Financial Planner & Educator | Book Author | Mother & wife.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: