Hobby Membayar CC dengan Minimum Payment

Kartu kredit memang bisa menjadi gaya hidup. Kemudahan yang diberikan seringkali membuat seseorang menjadi lupa kalau ternyata penggunaan kartu kredit yang seharusnya meringankan malah menjadi beban untuk kita karena bunga yang tidak sedikit.

Untuk Anda yang memiliki hobby hanya membayar cicilan minumnya, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui agar Anda tidak terjebak bunga kartu kredit yang ternyata besar.

  1. Pembayaran minimal hanya melunasi 5% dari pokok utang

Jika Anda berpikir dengan membayar cicilan minimal kartu kredit maka Anda akan bisa melunasi pokok utang, ternyata tidak demikian yang terjadi. Dari total tagihan minimal yang wajib Anda bayarkan, ternyata cicilan minimal tersebut hanya 20-40% bagiannyalah yang berupa pelunasan utang atau setara 5-10 dari tagihan minimal yang dibayarkan.

  1. Bunga yang dikenakan dihitung per tahun, atau bunga ber bunga.

Berapakah bunga kartu kredit yang Anda miliki? Apabila bunga kartu kredit yang tertera adalah sebesar 4% per bulan, maka bunga yang sebenarnya dikenakan ke Anda adalah sebesar 48% dari pokok utang yang kemudian dibagi menjadi 12 bagian.

  1. Bunga yang dibebankan juga merupakan bunga harian, jadi tagihan Anda akan membesar

Apabila masih ada tagihan yang berjalan, beberapa kartu kredit akan menerapkan system bunga ber bunga pada tagihan kartu kredit yang Anda miliki. Jadi, Anda tidak usah heran walau telah membayar tagihan minimal, tapi sepertinya total tagihan yang Anda bayarkan sepertinya tidak mengurangi nilai pokok utang.

  1. Pembayaran minimal 15% baru akan bisa melunasi tagihan selama 1 tahun

Apabila Anda melakukan pembayaran minimal 15% saja dari total tagihan, maka pokok utang baru akan lunas setelah 1 tahun atau 12 kali pembayaran. Dan hal ini sama saja Anda sudah menjadi donatur kartu kredit sedikitnya sebesar 48% dari total pemakaian..

  1. Cicilan 0% akan mengurangi batas kredit dan akan ikut berbunga kalau tidak dilunasi

Salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit ini adalah pembayaran 0%. Hal ini sangat membantu meringankan, namun kalau ternyata Anda juga mempergunakan kartu kredit ini untuk keperluan lain, maka cicilan minimal ini akan ditambahkan dengan cicilan 0%. Hati-hati, beberapa kartu kredit akan membebankan bunga juga kalau tagihan baru tidak dilunasi. Jadi perhatikan baik-baik tagihan yang Anda terima. Live a beautiful life!

Published by pritaghozie

Co-founder & CEO ZAP Finance | Financial Planner & Educator | Book Author | Mother & wife.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: