Mudik lebaran sepertinya sudah menjadi tradisi bukan hanya untuk umat Muslim, tapi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Masalahnya, selain tahun ini biaya tiket pesawat meningkat, momennya juga berbarengan dengan musim liburan sekolah anak dan pendaftaran sekolah. Nah, supaya mudik aman keuangan pun lancar, ini dia tipsnya.

  1. Pos transportasi dan akomodasi

Tiket pesawat, tiket kereta api, mau pun kapal, sebaiknya sudah lunas sebelum berangkat mudik. Hindari cara “bayar nanti” karena kita pasti sudah repot dengan biaya hidup harian sepulang mudik. Dana pun sebaiknya sudah disiapkan untuk pembayaran servis kendaraan yang digunakan untuk mudik, bensin, tol, dan transportasi di kota tujuan. Isi keperluan ini di saldo kartu elektronik.

Jika kita punya rumah tinggal di kota tujuan, maka bujet untuk akomodasi bisa dialihkan untuk pos makan dan transportasi. Namun, jika harus menginap di hotel, maka segera pesan sekarang. Manfaatkan promo dan diskon serta poin hadiah yang bisa mengurangi biaya. Ohiya, jika menginap di rumah saudara, jangan lupa juga untuk menyumbang makanan atau lainnya ya. Alokasi untuk penginapan diambil dari pos mudik di THR.

  1. Pos makan dan jajan

Sejujurnya, jatah makan dan jajan selama mudik itu seharusnya diambil dari gaji bulanan. Konsepnya sama saja seperti membeli makan harian, tapi kali ini dilakukan di kota berbeda. Nah, apabila jatah jajan ingin ditambah, artinya harus disiapkan tambahan dari alokasi THR.

  1. Pos belanja dan oleh-oleh

Supaya tidak perlu berlebihan dalam hal belanja di kampung halaman, buatlah daftar oleh-oleh agar semua yang tercinta bisa kebagian. Saya tetap sarankan untuk memajukan ekonomi daerah dengan membeli dagangan di lokasi. Namun, pahami jangan sampai bayar dengan pinjaman. Dana ini akan diambil dari pos mudik dari THR.

  1. Dana darurat dan asuransi perjalanan

Dana darurat ini penting sekali karena ada saja pengeluaran yang tak terduga. Contohnya kendaraan rusak, anak sakit, ketinggalan pesawat, hingga terjebak kemacetan parah sehingga harus berhenti beberapa kali di rest area. Apalagi tahun ini mungkin banyak pemudik yang beralih dari moda pesawat ke moda lain. Asuransi perjalanan juga sangat penting untuk antisipasi kerugian akibat hal tak terduga.

  1. Tukar uang kecil

Terutama untuk yang mudik ke kota kecil, penukaran uang kecil sebaiknya dilakukan. Pahami jangan menyimpan semua uang tunai di satu dompet. Bawa juga kartu debit dan kartu kredit sebagai cadangan apabila diperlukan dalam kondisi darurat.

Live a Beautiful Life!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s