Keunggulan Digital Banking

Dengan berkembangnya industri digital di berbagai bidang, teknologi di bidang keuangan juga ikut berkembang dalam bentuk fintech atau financial technology. Bank akan mencoba memberikan efisiensi dan kemudahan kepada Anda para nasabahnya, dan juga fleksibilitas sehingga aktivitas perbankan dapat dilakukan di mana saja.

Kesibukan dan rutinitas yang menyita waktu, tentunya akan membuat Anda tidak ingin antri berlama-lama untuk urusan perbankan. Kehadiran digital platform perbankan dalam financial technology ini tentunya akan mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan transaksi, dan meningkatkan efisiensi, serta menyediakan kenyamana daripada perbankan tradisional.

Ada 6 hal dari Digital Banking yang dapat membuat hidup Anda menjadi lebih mudah.

1. Efisiensi bisnis

Platform digital tidak hanya memperbaiki interaksi antara Bank dengan Anda, namun juga menyediakan metode untuk membuat fungsi internal lebih efisien. Dengan adanya platform digital, maka urusan bisnis yang menyangkut perbankan, menjadi lebih cepat bisa diselesaikan. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi misalnya untuk melakukan proses transaksi.

2. Penghematan biaya

Salah satu kunci bagi bank untuk memotong biaya adalah aplikasi otomatis yang
menggantikan tenaga kerja manual yang berlebihan. Pengolahan bank tradisional mahal, lamban dan rentan terhadap kesalahan manusia. Platform digital dapat mengurangi biaya melalui sinergi data kualitatif lebih cepat dan respon yang lebih cepat terhadap perubahan pasar. Dampaknya, biaya transaksi Anda untuk urusan keuangan menjadi lebih rendah. Sehingga, penghematan dapat dialihkan untuk hal lain seperti menabung dan investasi.

3. Akurasi yang meningkat

Bank tradisional umumnya mengandalkan pengolahan kertas secara statistik berpotensi memiliki tingkat kesalahan hingga 40%, yang memerlukan pengerjaan ulang. Dengan menyederhanakan proses verifikasi, maka akan lebih mudah menerapkan solusi TI dengan perangkat lunak bisnis, yang menghasilkan akuntansi yang lebih akurat. Akurasi keuangan sangat penting bagi bank untuk mematuhi peraturan pemerintah. Hal ini juga akan bermanfaat bagi Anda karena dapat memperoleh akses informasi lebih cepat dan transparan.

4. Meningkatkan pemahaman terhadap kebutuhan nasabah

Solusi digital membantu mengelola daftar pemasaran, memungkinkan bank mencapai pasar yang lebih luas dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan Anda yang paham teknologi. Platform CRM dapat melacak riwayat pelanggan dan menyediakan akses cepat ke email dan bentuk komunikasi online lainnya. Hal ini efektif untuk mengeksekusi program penghargaan pelanggan yang dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan Anda.

5. Fleksibilitas yang lebih tinggi

Penggunaan sistem yang otomatis dapat mempercepat proses eksternal dan internal, yang keduanya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Setelah jatuhnya pasar keuangan di tahun 2008, peningkatan penekanan ditempatkan pada manajemen risiko. Alih-alih bank mempekerjakan dan melatih profesional manajemen risiko, mungkin perangkat lunak manajemen risiko untuk mendeteksi dan merespons perubahan pasar lebih cepat daripada profesional berpengalaman sekalipun.

6. Keamanan yang disempurnakan

Semua bisnis besar atau kecil menghadapi semakin banyak ancaman cyber yang dapat merusak reputasi. Bank bisa mendapatkan keuntungan dari lapisan keamanan ekstra untuk melindungi data.

Dengan adanya himbauan pemerintah yang juga mensosialisasi uang elektronik yang meminimalisir penggunaan uang tunai dalam berbagai bentuk transaksi, maka sudah saatnya juga kita belajar dan beralih ke dalam industri fintech. Jadi, selamat datang era digital banking.

Live a Beautiful Life!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s