Investasi Berlian

Shine bright like a diamond! That’s what Rihanna says….Kilau berlian memang bisa membuat banyak wanita lupa daratan dan merusak kesehatan keuangan. Padahal, sejak ratusan tahun lalu, berlian banyak juga digunakan sebagai salah satu aset investasi.

Apabila Anda tertarik untuk mulai berinvestasi di berlian, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal terpenting sebagai investor berlian, Anda harus pahami betul 4Cs of Diamond. Sebuah berlian dinilai harganya berdasarkan komponen 4C tersebut.

  1. Carat (karat)untuk menilai ukuran berlian.

Semakin besar karat berlian, maka harganya pun semakin mahal. Namun, ukuran karat berbeda dengan gram emas. Artinya, jika berlian satu karat harganya Rp. 100 juta, maka untuk berlian dua karat bisa jadi harganya Rp. 300 juta.

  1. Cutting atau bentuk irisan berlian.

Irisan ini akan berpengaruh pada permainan cahaya dari batu berlian. Perhatikan aspek proporsi seperti rasio antara bagian atas dan bagian bawah, besar ‘meja’, serta presisi dan kerapihan hasil irisan yang ada. Dan yang tidak kalah pentingnya  adalah melihat irisan dari kualitas bagian pinggang berlian.

  1. Color atau tingkah keputihan warna berlian.

Semakin putih warna sebuah berlian, maka harganya pun semakin mahal. Tingkat warna putih berlian yang ditandai dengan kode huruf “D” untuk yang tertinggi, sampai “Z” untuk yang terendah.

  1. Clarity atau kejernihan berlian.

Tingkat clarity yang terbaik adalah flawless alias jernih tanpa cacat. Kejernihan yang tinggi ditandai dengan kode “VVS”

Pilihlah berlian yang memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi dunia, seperti GIA (Gemological Institute of America). Tujuannya agar nilai berlian yang Anda miliki terjamin karena mengacu kepada harga dunia.  Jenis berlian yang sebaiknya dipilih untuk investasi minimal memiliki berat satu karat dengan warna berlian berkisar di kode “D”, “E”, “F” dan tingkat kejernihan “VVS”.

Live a Beautiful Life!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s