Tips dan Trik Liburan dengan Budget Terbatas

Liburan adalah suatu keharusan, karena selain akan membantu kita untuk me-recharge kembali energy yang terkuras setelah bekerja setahun, dan untuk mereka yang berkeluarga malah bisa mendekatkan kembali ikatan antara anggota keluarga dengan lebih baik.

Dan yang lebih penting, memory serta kenangan yang kita tinggalkan untuk anak-anaklah yang nantinya akan mereka ingat dan kita yang justru akan menerima manfaatnya nanti.

Namun, bukan berarti pergi liburan harus selalunya membutuhkan biaya serta dana yang mahal. Tentunya memang tergantung pada tujuan liburan dan tempat yang ingin kita kunjungi, namun bukan berarti tidak ada kiat-kiat khusus agar kita tetap bisa menikmati liburan walau dengan budget terbatas.

Apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan masa liburan yang menyenangkan walau dengan budget terbatas?

  1. Gunakan kesempatan untuk travel fair

Dalam 1 (satu) tahun terakhir, sedikitnya akan ada 2-3 kali travel fair yang diadakan oleh maskapai tertentu yang menawarkan harga murah. Harga tiket ke Jepang misalnya bisa hanya 1/3 dari harga normal. Oleh sebab itu, jangan lewatkan kesempatan dalam travel fair ini untuk mempersiapkan liburan jauh-jauh hari.

  1. Bandingkan sedikitnya 3-4 harga tempat travel atau travel agent sebelum menentukan pilihan

Beberapa travel agent akan menawarkan tempat tujuan wisata yang sama dengan harga yang berbeda, jadi sebaiknya kita rajin membandingkan dan bertanya-tanya terlebih dahulu sebelum memutuskan.

  1. Pergunakan booking online untuk perbandingan

Ada beberapa tempat booking online yang juga menawarkan paket-paket khusus. Kita bisa mempergunakan kesempatan ini, namun tetap disesuaikan dengan budget. Harga tiket pesawat yang lebih murah kalau dibooking jauh-jauh hari belum tentu berlaku. Namun di jam-jam tertentu harga tiket bisa lebih murah. Coba cek booking online untuk maskapai penerbangan di hari Selasa dan Kamis, sekitar pukul 11-2 malam untuk harga yang lebih kompetitif.

Dan untuk menjaga agar pengeluaran kita tidak membengkak dan malah meninggalkan hutang, tips nyaman keuangan yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Minimalisir penggunaan kartu kredit agar kita tidak mengalami over budget, dan hanya perlakukan kartu kredit untuk dana darurat selama bepergian. Dana darurat di sini dimaksudkan hanya untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak, setelah dana travelling atau travel cheque yang memang sudah kita siapkan sudah habis.
  2. Gunakan budget yang memang sudah dipersiapkan untuk dana liburan berupa cash atau travel cheque. Sehingga apabila uangnya habis, kita tidak merasa bersalah karena memang sudah ada budget yang kita siapkan untuk liburan, dan kita juga tidak perlu menambah pengeluaran extra karena semua sesuai dengan budget.
  3. Tidak ada keharusan dalam membeli oleh-oleh. Apalagi dengan kebijakan bea cukai yang hanya membolehkan kita untuk berbelanja hanya 250$ per orang atau 1000$ per keluarga, kita bisa memanfaatkan kebijakan ini untuk malah menyelamatkan keuangan kita untuk liburan agar tidak over budget.

Utamakanlah kepentingan keluarga dan kenyamanan bersama dalam menikmati masa liburan. Karena tentunya kita ingin menikmati hasil kerja keras kita selama ini dengan anak-anak bukan? Ingatlah kita liburan untuk mendekatkan diri dengan keluarga dan bukan untuk membeli oleh-oleh bagi kerabat. Kalaupun ingin membeli oleh-oleh, siapkan budget yang khusus dan tidak usah terlalu berlebihan.

Dan mengingat regulasi bea cukai yang ketat sekarang ini, sebaiknya jangan menjadikan masa liburan kita dengan keluarga sebagai ajang jasa titip juga yang malah nantinya memberatkan. Live a Beautiful Live!

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s