Mengajarkan Uang Untuk Anak 10 Tahun

Setiap orang tua mendambakan anaknya kelak menjadi orang yang lebih baik dari pada orang tuanya, dan berkerja keras untuk memberikan bekal untuk masa depan anak. Dan bekal yang terbaik adalah pendidikan untuk mereka baik pendidikan formal maupun informal. Salah satu ilmu yang harus diberikan kepada anak adalah ilmu keuangan.

Di usia anak 10 tahun, merupakan usia dimana anak senang dengan hal-hal yang baru, cenderung aktif dan mulai belajar mandiri. Sehingga di usia ini lebih mudah untuk memberikan pengetahuan baru, terutama kebiasaan-kebiasaan baik yang kemudian akan membentuk karakter anak. Ada beberapa tips / kebiasaan yang perlu diajarkan kepada anak usia 10 tahun, berikut tipsnya.

Mengatur uang saku

Ajarkan anak bagaimana cara mengatur uang yang baik, uang saku yang orang tua berikan sebaiknya tidak berlebihan, kalaupun ada sisa arahkan untuk segera ditabung. Dan waktu uang saku diberikan satu kali dalam sehari sehingga anak akan belajar untuk manajemen uang saku, belajar tanggung jawab dan belajar prioritas penggunaan uang saku.

Menabung dan membuka rekening

Ajak dan arahkan anak kita untuk meyisihkan sebagian uang saku yang diberikan, lalu masukan ke tabungan tradisional melalui celengan atau pun membuka rekening tabungan anak di bank. Kebiasan di usia dini ini akan membentuk mindset anak yang akan bermanfaat di masa depan.

Buat tujuan menabung

Selain menabung, ajarkan dan arahkan anak juga untu membuat tujuan dari menabung. Misalkan untuk membeli mainan yang harganya cukup besar untuk usianya, sehingga anak akan semangat untuk menyisihkan uang sakunya dan mulai mengelola keuangannya secara sederhana.

Membandingkan harga

Ajak anak untuk belajar membandingkan harga dari satu toko dengan toko yang lainnya dengan kualitas yang sama. Anak akan belajar bagaimana memilih dan memutuskan pilihan yang ada dan anak akan belajar salah satu cara untuk berhermat.

Berbagi

Ajarkan anak untuk berderma dengan orang-orang yang kondisi ekonominya kurang beruntung. Proses berbagi ini akan mengajarkan anak untuk senantiasa bersyukur dan lebih menghargai uang. Sehingga kedepannya anak akan memiliki mindset yang baik terhadap uang.

Semoga bermanfaat, live a beautiful life !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s