Mengatur Alokasi Penghasilan

Pernahkah anda kehabisan uang sebelum waktu gajian datang? Atau tidak punya uang untuk membayar tagihan penting pada waktunya? Atau barangkali belum memiliki alokasi khusus untuk tabungan sehingga setiap bulan uang habis tak bersisa?

Untuk memastikan semua kebutuhan anda terpenuhi sesuai dengan pendapatan, anda bisa membagi pendapatan anda dalam berbagai komponen pengeluaran. Berikut alokasi atas pendapatan yang bisa anda atur sebagai berikut:

  1. Investasi

Pay yourself first. Biasakan berinvestasi sebelum berbelanja. Seratus ribu sekarang mungkin hanya ongkos taksi seharian. Tetapi jika anda rutin menginvestasikannya tiap bulan pada reksa dana saham, misalnya, siapa tahu kelak menjadi DP Rumah Idaman. Penting untuk mengalokasikan dana untuk tabungan dan investasi minimal 10% dari pendapatan rutin.

  1. Pembayaran Hutang

Hutang adalah tanggung jawab anda, yang harus dibayar. Idealnya maksimum 35% dari pendapatan yang dialokasikan sebagai pembayaran hutang. Maksimalkan pembayaran hutang berupa cicilan untuk aset produktif ya. 🙂

  1. Biaya Hidup

Setelah investasi dan pembayaran hutang, tentu perlu mengalokasikan dana untuk biaya hidup sehari-hari seperti makan, transportasi, uang sekolah, pembayaran listrik dll. Biasanya komponen biaya hidup ini terus meningkat sesuai dengan meningkatnya umur dan pendapatan.

  1. Biaya Life Style

Komponen ini biasanya yang memakan biaya terbesar dari pendapatan, padahal seharusnya biaya life style memiliki prioritas yang paling rendah lo:).

Ingat ya konsep utama dalam pengaturan keuangan: jangan besar pasak daripada tiang.

 

Live a beautiful life!

2 thoughts on “Mengatur Alokasi Penghasilan

  1. Waktu ikutan acara mba prita bareng visa dan ibuberbagibijak, aku kaya disentil gitu. Selama ini masih suka seenaknya aja ngeluarin uang. Dulu aku punya catatan kemana aja pendapatan bulanan itu harus dikeluarkan. Tapi sekarang udah ngga dilakuin lagi. Prinsip “besok makan apa, ya liat besok aja” masih aku lakuin. Jadi, kalo pas ada uang kadang diabisin aja, tanpa mikirin tabungan dan lain-lain. Yang penting cicilan dan bayaran sekolah anak beres, udah tenang.

    Apalagi sekarang aku udah punya penghasilan sendiri dari ngeblog, makin sering aja deh belanja belanji. Setelah ikutan acara mba prita, kaya disadarin dari pingsan. Mau mulai teratur kelola keuangan. Walau awalnya pasti berat, tapi aku yakin efek jangka panjangnya bakal baik.

    Thanks for sharing ya mbaa 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s