Tips Pengguna Pertama Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang memberikan fasilitas kemudahan pembayaran dengan sistem cicilan atau membayar di akhir periode. Kartu kredit merupakan alat pembayaran bak pisau bermata dua, dapat menjadi suatu alat pembayaran yang sangat membantu, namun juga dapat menjadi pemicu masalah keuangan seseorang.Banyak pengguna fasilitas ini hanya memahami keuntungan dari kartu kredit saja sehingga memungkinakan membawa seseorang terlilit hutang dalam jumlah yang besar.

Jadi, apabila Anda berencana memiliki kartu kredit, berikut ini tips menggunakan kartu kredit secara bijak!

1. Memahami aturan dan rincian biaya-biaya kartu kredit

Kartu kredit merupakan suatu kontrak antara pengguna kartu dengan institusi keuangan yang memfasilitasi alat pembayaran tersebut. Tentunya setiap bank yang mengeluarkan kartu kredit memiliki aturannya masing-masing. Jadi, pahami baik-baik dengan teliti mengenai biaya apa saja yang dikenakan, besar bunga, tanggal jatuh tempo, dan juga aturan lainnya. Carilah biaya dan bunga terendah!

2. Kenali diri Anda dan kebiasaan belanja Anda

Sebelum menggunakan kartu kredit, pikirkan baik-baik tujuan Anda memiliki kartu ini. Apabila kartu kredit ditujukan untuk kondisi darurat, maka gunakan kartu ini hanya saat Anda sangat membutuhkannya. Bedakan antara kebutuhan dengan keinginan berbelanja. Sedangkan untuk Anda yang menggunakan kartu ini untuk memperoleh keuntungan promo dan cicilan, pastikan belanja Anda sesuai budget dan kemampuan Anda.

3. Sesuaikan limit kartu kredit dengan kemampuan/penghasilan Anda

Setiap saat Anda mengajukan penggunaan kartu kredit, pastikin kartu tersebut diberikan limit sesuai dengan kemampuan membayar Anda. Dengan memberi batasan penggunaan akan mencegah Anda dari ketidak sanggupan membayar utang.

4. Jangan biasakan terlambat membayar tagihan

Jangan terlambat membayar tagihan kartu kredit karena Anda akan terkena biaya keterlambatan yang memperbesar tagihan Anda! Semakin lama Anda menunda pembayaran maka akan semakin besar denda yang dikenakan, bahkan bisa lebih besar dari pokok cicilannya. Jadi biasakan diri Anda untuk disiplin membayar kartu kredit tepat waktu.

5. Jangan bayar hanya sebatas minimum

Pembayaran tagihan sebesar angka minimum berarti Anda tidak terkena denda keterlambatan. Namun dengan membayar seminimum mungkin berarti membuat Anda membutuhkan waktu yang lama untuk melunasi utang pokok dan lebih lama membayar bunga. Jadi sebaiknya bayarlah tagihan kartu kredit lebih besar dari batas minimum untuk mengurangi beban bunga yang Anda tanggung.

 

Semoga bermanfaat, Live a beautiful life !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s