Mau Daftar Haji? Siapkan Dananya

Adakah followers blog ini yang ingin melaksanakan ibadah Haji? Bagi kamu yang Muslim dan memiliki penghasilan, ibadah Haji bisa jadi termasuk salah satu tujuan finansial yang ada di rencana keuangam. Meski panggilan untuk ibadah Haji sepenuhnya adalah hak Allah SWT, kita tentu wajib untuk melakukan perencanaan dan persiapannya. Salah satu langkah awal tentu saja persiapan dana 🙂

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya coba berikan beberapa tips untuk melakukan perencanaan dan pengelolaan dana haji. Semoga bermanfaat ya…

1. Menentukan jenis paket Haji

Saat ini, kita dapat memilih untuk mendaftar paket Haji Reguler dan Haji Khusus. Kedua jenis paket ini tetap menggunakan kuota dari pemerintah. Perbedaannya terletak di fasilitas jamaah Haji selama di Tanah Suci dan tentu saja konsekuensi biayanya. Untuk tahun 2014 ini, simulasi kebutuhan dana Haji untuk kedua paket bisa dilihat disini….

Simulasi Dana Haji Reguler

Simulasi Dana Haji Reguler

Simulasi Dana Haji Khusus

Simulasi Dana Haji Khusus

2. Mempersiapkan dana pendaftaran Haji

Hal terpenting sebetulnya adalah mendapatkan nomor porsi kuota Haji. Jadi, target utama kita adalah mengumpulkan dana Rp. 25 juta untuk Haji Reguler dan USD 4000 untuk Haji Khusus. Salah satu alternatif menarik yang bisa digunakan adalah tabungan Haji yang mememiliki fasilitas dana talangan. Nah, bisa jadi dengan dana Rp. 5 juta kamu sudah mendapatkan nomor porsi karena kekurangannya ditalangi dulu oleh pihak Bank. Namun, karena ini sifatnya talangan, kamu tetap harus mencicil bayar lho!

3. Mengelola dana untuk pelunasan

Nah, setelah mendapatkan nomor porsi, Anda akan mengetahui estimasi tahun keberangkatan. Jika masih diatas 5 tahun, maka investasi adalah jalan terbaik. Kamu bisa gunakan emas atau pun reksa dana campuran syariah sebagai sarana berinvestasi. Apabila kamu memilih Haji Khusus, saya juga menyarankan untuk menyimpan dana dalam mata uang USD agar fluktuasi nilai tukar tidak terlalu mempengaruhi kebutuhan biaya Haji kamu.

Nah, kalau kamu mau menghitung simulasi berapa sih yang harus ditabung setiap bulan untuk bisa mulai mendaftar, bisa coba kalkulatornya di situs www.zapfinance.co.id.

Live a Beautiful Life!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s