#ThePinkBook

“To educate a woman, is to educate a generation”. Perempuan memegang peranan yang sangat besar dalam meraih kehidupan yang indah dan sejahtera untuk Indonesia, daerah kita, keluarga kita, bahkan diri kita sendiri!. I want to walk the talk. #ThePinkBook, panggilan untuk buku ini di akun Twitter, menjadi kontribusi awal yang nyata untuk seluruh kaum perempuan dimana pun kita berada. Have you become a part of Cantik, Gaya, & Tetap Kaya?

#ThePinkBook is the essence of my financial mindset, and should be yours too 🙂 Buku ini merupakan rajutan dari berbagai kisah sukses mau pun gagal dari beberapa perempuan hebat di Indonesia dalam mengelola keuangannya. Setiap Bab terinspirasi dari kisah nyata dan juga pertanyaan yang masuk ke rubrik konsultasi keuangan yang saya asuh di beberapa media cetak nasional.

Meski tampilan dan judulnya memang sangat girlie, #ThePinkBook bisa dibaca oleh siapa saja lho! Saya bahkan pernah mendapatkan testimonial dari salah satu pembaca pria di Semarang yang mengatakan: “Saya berkali-kali membaca buku ini. Semakin saya baca, semakin saya memahami apa sih yang dipikirkan oleh isteri kalau mengelola uang?”. Tidak percaya? Intip yuk isi buku ini…..

Bab 1. Uang dan Perempuan

Langkah pertama menuju kehidupan yang indah dan sejahtera adalah melalui tata kelola keuangan yang lebih bertanggung jawab. Namun jauh sebelum itu, kita wajib untuk jujur mengakui persoalan keuangan yang dihadapi dan menetapkan dengan pasangan bagaimana cara untuk mengatasinya. You’ll be surprised dengan seberapa tingginya peranan perempuan dalam menciptakan suatu pondasi keuangan yanh sehat dan kuat.

Bab 2. Tahu angka-angka Anda

Sebuah keuangan yang sehat merupakan pondasi yang kuat dalam meraih kesejahteraan dalam hidup. There’s no free lunch! Memikili Good money habit merupakan prinsip mutlak yang harus diterapkan oleh setiap keuangan rumah tangga. Sebelum menentukan strategi untuk meraih kehidupan yang kita inginkan, maka kita harus tahu bagaimana potret keadaaan keuangan saat ini. Sudah sehatkah keuangan kita? Tahukah kita sebarapa kaya dan kemana saja uang kita pergi?

Bab 3. Menciptakan Hidup yang Anda Inginkan

Apa sebetulnya definisi menjalani hidup yang kaya? Tentu saja berbeda-beda bagi setiap individu. Kita semua pasti ingin mencapai sebuah hidup yang indah dan sejahtera. Bab ini akan mengajak kita untuk menentukan langkah-langkah cerdas guna mencapai hidup yang kaya dalam definisi kita. Namun, apakah menjadi cantik dan gaya saja sudah cukup? Tidak. kita perlu untuk tetap kaya yang artinya telah mencapai tahapan kebebasan finansial. Sudahkah kita mencapai tahapan ini?

Bab 4. Menari Tanpa Jeratan Utang

Kenapa kita sampai berutang? Apakah utang selalu buruk? Kita semua tahu bahwa untuk menuju kehidupan yang indah dan sejahtera, sebuah ekonomi rumah tangga haruslah terbebas dari utang yang jahat. Bagaimana cara melepaskan keuangan dari jeratan utang?

Bab 5. Tetap Cantik dan Gaya Tanpa Rasa Bersalah

This is my favorite part of the book…Semua perempuan pasti cinta belanja. Konsumsi pun tetap dibutuhkan agar roda perekonomian tetap berjalan. Namun, tentu kita tidak ingin menjadi melarat hanya karena mengikuti hasrat semata. Bagaimana menjadi seorang smart shopper, bukan shopaholic?

Bab 6. Bersahabat dengan Investasi

Investasi mutlak diperlukan untuk menambah kekayaan kita. Syaratnya, kita harus tahu tujuan dan alasan berinvestasi. Apa saja yang perlu diketahui kita sebagai seorang investor retail sebelum berinvestasi? Bab ini memberikan jawabannya.

Bab 7. Mengenal Daftar Investasi

Instrumen keuangan wajib yang pasti dimiliki oleh setiap perempuan adalah tabungan dan deposito. Benar tidak? Padahal, kita bisa rugi besar kalau hanya berinvestasi di dua instrumen itu. Marilah kita berkenalan dengan berbagai jenis investasi lain seperti reksadana, obligasi, saham, emas, dan juga barang koleksi. Bab ini juga membahas tentang investasi batik kuno yang belum pernah dibahas di buku keuangan lain, sebagai salah satu peranan kita untuk melestarikan budaya bangsa.

Bab 8. Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Perempuan bukan hanya meningkatkan angka belanja, tetapi juga angka penghasilan. Data statistik menyebutkan 60 persen dari 85,4 juta tenaga kerja di sektor UKM adalah perempuan. Dengan berkembangnya UKM perempuan, tidak hanya berdampak pada perbaikan sosial ekonomi jutaan rumah tangga di Indonesia, namun juga penciptaan lapangan kerja yang signifikan. Pusing dengan kenaikan harga barang dimana-mana? Jangan hanya bisa protes, tapi mulailah cari solusi! Bab ini memberikan beberapa inspirasi bagi para perempuan untuk terus berkarya dan meningkatkan peranannya dalam kehidupan rumah tangga dan juga negeri tercinta.

Bab 9. Teman Terbaik Untuk Uang Anda

Siapa sih teman terbaik yang bisa membantu kita dalam mengelola keuangan? Disini saya jelaskan beberapa profesi yang mendukung seperti perencana keuangan independen, RM di bank, agen asuransi, dan lainnya. Mana yang terbaik untuk kita? Coba evaluasi yuk..

The journey of a thousands miles starts with a step….punya #ThePinkBook menjadi salah satu langkah awal untuk kamu lho! If you have read it, please share with me how this book had helped you in your financial life….ditunggu ya 🙂

Live a Beautiful Life!

2 thoughts on “#ThePinkBook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s